Penangkaran dan Peternakan, Apa Bedanya?

Penangkaran rusa sambar di Kalimantan Timur (Photo: kaltimprov.go.id)

Penulis: Astri Chairunnisa

Sehabis membaca judul artikel ini, mungkin beberapa dari kalian ada yang berpikir ‘jelas dong, bedanya kan dari objek pengelolaannya’ atau mungkin ‘dari tujuan pengelolaannya, menyangkut ekonomi atau tidak’. Kalau bicara jujur, penulis sendiri awalnya berpikir seperti itu. Namun, ternyata perbedaannya bukan dari keduanya lho!

Pernahkah terpikir di benak kalian, bahwa sebenarnya satwa di peternakan adalah satwa liar yang berhasil didomestikasi? Sebagai contoh, sapi merupakan domestikasi dari banteng, dan ayam yang biasa kita konsumsi merupakan turunan dari ayam hutan? Wah, penulis pun awalnya belum pernah berpikir sejauh itu. Bisa dikatakan bahwa asal mula dari kedua objek pengelolaan adalah sama. Dengan demikian, objek kelola tidak dapat dijadikan sebagai pembeda antara penangkaran dan peternakan.

Bagaimana dengan tujuan pengelolaan? Apakah benar yang satu ditekankan untuk tujuan konservasi, dan yang lain ditujukan untuk kepentingan komersil? Sebagai informasi, penangkaran juga bisa dikomersialkan, lho. Jadi, perbedaannya ada dimana?

Ternyata, perbedaan antara penangkaran dan peternakan bisa dilihat dari dua aspek:

  1. Adakah pemilihan sifat-sifat yang dikehendaki manusia?
  2. Adakah kewajiban untuk melepasliarkan satwa ke alam?

Berbeda dengan peternakan, satwa liar yang ada di penangkaran tidak mengalami pemilihan sifat atau domestikasi. Lingkungan di dalam penangkaran pun dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan habitat aslinya. Satwa juga mendapat intervensi yang rendah dari manusia, agar perilaku alaminya dapat dipertahankan.

Selain itu, pada penangkaran -baik komersial maupun non-komersial- memiliki kewajiban untuk melepaskan sebagian satwanya ke alam liar. Hal tersebut dilakukan untuk memelihara jumlah dan variabilitas genetik populasi di alam. Berbeda dengan peternakan yang seluruh hasilnya dipersiapkan untuk penjualan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Sumber: mata kuliah Konservasi Fauna Langka di Fakultas Kehutanan UGM

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Penangkaran dan Peternakan, Apa Bedanya?”