Memperingati Hari Konservasi Alam, Ribuan Tukik Dilepaskan di Pantai Saba

Tukik di kolam penampungan (Photo: Luh De Suriyani)

Penulis: Medinfo FORESTATION

Sekitar 10 ribu tukik menetas di lokasi bertelur di Pantai Saba, Gianyar, Bali. Tukik-tukik tersebut kemudian dilepasliarkan di Pantai Saba pada Jum’at (7/8/2020). Pelepasanliaran besar-besaran tersebut baru pertama kali dilakukan, dan dibantu oleh ratusan orang yang sudah siap berbaris di sekitar 300 meter garis pantai.

“Pelepasliaran tukik dalam jumlah yang cukup besar baru pertama kali kami lakukan. Tukik yang kami lepas hari ini adalah jenis penyu lekang yang memang cocok untuk pantai yang berpasir hitam,” ujar Made Kikik dilansir dari republika.co.id.

Ketua Kelompok Penangkaran Penyu Saba Asri mengatakan kegiatan pelepasliaran tersebut dilakukan sebagai kampanye pentingnya konservasi alam bagi kelangsungan hidup penyu di Pantai Saba, sekaligus memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh pada 10 Agustus 2020.

Selain melepasliarkan ribuan tukik, dilakukan juga kegiatan Bali Resik Sampah Plastik. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai di Lingkungan Pemkab Gianyar, komunitas pecinta lingkungan hidup, siswa dan masyarakat.

 

Referensi:

https://republika.co.id/berita/qer41n366/10-ribu-tukik-dilepaskan-di-pantai-saba-gianyar

https://baliexpress.jawapos.com/read/2020/08/07/208009/hari-konservasi-alam-10-ribu-tukik-dilepas-di-pantai-saba

https://www.mongabay.co.id/2020/08/08/ribuan-tukik-menetas-di-pantai-saba/

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.