Pertumbuhan Vegetasi Pantai dan Faktor yang Mempengaruhinya

Penulis: Medinfo FORESTATION

Pantai merupakan kawasan transisi antara daratan dan lautan. Di kawasan ini, kondisi alam berbeda dengan kawasan daratan, mulai dari kondisi tanah, angin, dan pengairannya. Perbedaan kondisi tersebut membuat vegetasi yang mampu hidup di pantai memiliki karakteristik tersendiri. Salah satunya adalah ketahanan terhadap salinitas yang tinggi.

Lalu, apa saja sih faktor yang mempengaruhi pertumbuhan vegetasi pantai? Menurut Mahfudz (2012), vegetasi pantai dipengaruhi oleh:

1.Hembusan angin dan garam

Angin yang bertiup dari laut merupakan ciri khas pantai. Angin merupakan parameter lingkungan penting sebagai gaya penggerak dari aliran skala besar yang terdapat baik di atmosfir maupun lautan. Angin ini membawa butiran-butiran garam dari laut yang selanjutnya akan meningkatkan kandungan garam pasir pantai dan akan mempengaruhi pertumbuhan vegetasi di wilayah itu.

2.Kadar garam dan unsur hara dalam tanah atau pasir

Kadar garam dalam tanah/pasir berkurang dengan bertambahnya jarak dari laut sehingga berpengaruh terhadap zona tumbuhan (daya adaptasi terhadap salinitas) dimana jenis tumbuhan yang tahan (toleran) terhadap kadar garam cenderung terdapat di dekat laut.

3.Penggenangan sesekali oleh air laut

Tumbuhan pada zona perintis seringkali tergenang oleh air laut akibat aktivitas ombak. Penggenangan ini akan meninggalkan garam di sekitar daun tumbuhan yang menambah tegangan air dalam tumbuhan yang terdapat pada sekitar pantai.

4.Aerasi dan porositas tinggi

Konsekuensi dari butiran pasir yang besar dan rongga antar butiran yang besar pula menyebabkan air yang berasal dari hembusan garam maupun dari sumber lain menjadi cepat terserap ke bahwa dengan sedikit yang tertahan untuk dikonsumsi tumbuhan yang hidup di sekitar pesisir untuk pertumbuhannya.

5.Stabilitas tempat tumbuh

Hal ini terjadi karena aktivitas ombak yang dengan mudah sekali menggerakan pasir sehingga stabilitas tempat tumbuh tumbuhan tidak mantap. Gerakan ombak dapat menyapu pasir sehingga dapat mengubur tumbuhan.

 

Daftar pustaka:

Mahfuds, F.D.T. 2012. Ekologi, Manfaat, dan Rehabilitasi Hutan Pantai di Indonesia. Balai Penelitian Kehutanan: Manado.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.