Benarkah PLTA Batang Toru Perampas Habitat Orangutan Tapanuli?

Penulis: Herdwita O.

Pada tahun 2017, seorang peneliti menemukan jenis orangutan baru, yaitu orangutan tapanuli dengan nama ilmiah Pongo tapanuliensis. Orangutan tapanuli ini merupakan spesies orangutan ketiga setelah orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan sumatra (Pongo abelii). Orangutan tapanuli memiliki ciri rambut tebal yang berwarna seperti kayu manis, berbeda dengan warna rambut orangutan kalimantan yang coklat gelap dan orangutan sumatra yang berwarna coklat kemerahan. Selain itu, rambutnya merupakan yang paling panjang dan pirang di antara tiga spesies tersebut. Namun, populasinya yang tidak sampai 800 ekor membuat spesies ini termasuk dalam kategori hampir punah.

(Kiri ke kanan) orangutan kalimantan, sumatra, dan tapanuli jantan
Sumber: Eric Kilby Aiwok, Tim Laman (Kiri ke kanan: orangutan kalimantan, sumatra, dan tapanuli jantan)

Salah satu faktor yang mendorong kepunahan orangutan tapanuli adalah berkurangnya habitat yang biasa digunakan oleh spesies ini. Hal ini disebabkan oleh pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang ada di Batang Toru. Keberadaan PLTA ini dinilai dapat mengurangi habitat orangutan tapanuli yang tersisa, karena pengembangan yang telah direncanakan di area tersebut mengancam habitat mereka yang sekitar 15%-nya berstatus hutan yang tidak dilindungi. Selain orangutan tapanuli, beberapa spesies lain yang habitatnya juga terancam di Batang Toru yaitu siamang (Symphalangus syndactylus), owa ungko (Hylobates agilis), harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae), beruang madu (Helarctos malayanus), tapir (Tapirus indicus), dan burung kuau raja (Argusianus argus).

 

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200123132829-199-467992/ahli-plta-batang-toru-ancam-orangutan-tapanuli-hingga-punah (diakses pada 9 Maret 2020) (diakses pada 9 Maret 2020)

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-42140896 (diakses pada 9 Maret 2020)

https://www.mongabay.co.id/2020/03/06/nasib-orangutan-tapanuli-dengan-kehadiran-proyek-plta-batang-toru/ (diakses pada 9 Maret 2020)

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.