Edu-Eco Tourism Campus

Mengenalkan lingkungan sekitar pada anak dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan pendidikan lingkungan. Hal ini yang dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM melalui kegiatan yang sering disebut dengan Edu-Eco Tourism Campus. Kegiatan tersebut memiliki tujuan mengenalkan kawasan kampus kehutanan UGM sebagai salah satu kawasan ekowisata berbasis pendidikan di daerah perkotaan. Sasaran dari pendidikan lingkungan ini adalah anak-anak pada jenjang pendidikan TK hingga sekolah dasar.

Pendidikan lingkungan kali ini dilaksanakan pada hari Kamis (18/1) dan diikuti oleh 23 siswa-siswi TK Al Farizi, Pogung Baru. Pendidikan lingkungan kali ini bertajuk kunjungan edukatif bertema tanaman. Selama berlangsungnya kegiatan tersebut, siswa-siswi TK yang didampingi oleh teman-teman mahasiswa akan melewati tiga pos pemberhentian. Pada pos pertama siswa-siswi TK dikenalkan dengan beberapa jenis satwa liar. Kemudian lanjut memasuki Arboretum Fakultas Kehutanan UGM dan sekaligus sebagai pos kedua untuk melakukan bird watching dan istirahat. Pos terakhir yaitu pos ketiga siswa-siswi TK tersebut dikenalkan dengan cara menanam, dimana telah disediakan polybag, tanah, air, dan biji tanaman yang nantinya akan ditanam dan dibawa pulang oleh mereka.

Kegiatan konservasi tidak hanya terbatas bagi orang dewasa saja, namun dapat dilakukan oleh anak usia dini khususnya di urban area. Dengan demikian anak-anak diharapkan mampu mengenal pentingnya menjaga lingkungan berupa tumbuhan dan satwa serta dapat menyayangi makhluk lain di sekitarnya. Kesadaran anak dalam menjaga lingkungan dapat terbentuk dan dapat membentuk karakter yang lebih peduli.

 1516337009649

Gambar 1. Siswa-siswi TK Al-Farizi yang mengikuti kegiatan Edu-Eco Tourism Campus di Fakultas Kehutanan UGM

1516337011437Gambar 2. Perpindahan antar pos Edu-Eco Tourism Campus oleh siswa-siswi TK Al-Farizi yang didampingi oleh panitia

1516337013951 Gambar 3. Bird watching

1516337015675Gambar 4. Pengenalan satwa kepada siswa-siswi TK Al-Farizi

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.