Menuju Penelitian Bersama 2018

Penelitian Bersama (PB) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forestation dan dilakukan untuk mengembangkan ilmu serta kemampuan dari anggota KP3. Secara keseluruhan Penelitian Bersama ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan ilmu anggota KP3, mengenalkan teknis pengambilan data melalui metode yang sesuai dengan masing-masing KP3, serta hasil dari penelitian nantinya dapat digunakan untuk melengkapi pengelola kawasan dan sebagai arsip KP3 itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 dan berlangsung selama sepuluh hari.

Dimana Penelitian Bersama 2018 dilaksanakan? Apa saja yang akan diteliti oleh anggota KP3? Pasti banyak yang bertanya-tanya bukan? Tahun ini Penelitian Bersama dilaksanakan di Hutan Lindung Gunung Slamet, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kawasan masuk ke dalam wilayah kerja Perhutani di KPH Banyumas Timur, BKPH Gunung Slamet Barat, RPH Baturraden. Pengambilan data akan dilakukan pada kawasan seluas 359 Ha yang masuk ke dalam petak 54, 55, 56, dan 57. Sementara itu, fokus Penelitian Bersama kali ini pada keanekaragaman hayati, distribusi, interpretasi, dan daya dukung wisata di sekitar objek wisata Curug Jenggala.

peta

Gambar Peta Lokasi Penelitian Bersama 2018

Pada penelitian bersama ini akan dilakukan eksplorasi potensi biotik dan abiotik yang ada di sekitar Curug Jenggala. Eksplorasi aspek biotik dan abiotik ini penting dilakukan karena potensi dari dua aspek tersebut masih belum tergali dan belum banyak orang mengetahuinya. Potensi biotik dan abiotik menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena peranannya yang besar terhadap keseimbangan ekosistem dan kelesatarian lingkungan. Potensi biotik dan abiotik yang ada akan digunakan sebagai bahan kajian utama yang akan dijadikan bahan dalam mengetahui daya dukung dan interpretasi objek wisata Curug Jenggala.

Sampai saat ini, persiapan untuk melangsungkan kegiatan Penelitian Bersama terus dilakukan. Mulai dari persiapan peserta, panitia, maupun teknis di lapangan nantinya. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi seputar Penelitian Bersama di sosial media Forestation ya.

KSDH Jaya!!

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.