Bagaimana Dampak Perubahan Iklim terhadap Satwa di Sekitar Kita?

Penulis: Arnoviananda

Masalah Climate Change atau Perubahan Iklim dalam 30 tahun terakhir ini sedang gencar dibicarakan di seluruh Negara. Banyak organisasi peduli lingkungan yang mulai rutin mengampanyekan tentang dampak dan cara penanganan dari adanya perubahan iklim. Suhu panas yang meningkat secara global dapat memengaruhi kesehatan bahkan sosial dan ekonomi masyarakat. Tapi taukah sobat Konservasionis, jika perubahan iklim juga berpengaruh besar bagi satwa liar?

Sumber: National Geographic

Pada daerah tropis sendiri para ilmuwan, ahli biologi dan para pelestari alam telah mengkaji tentang dampak perubahan iklim saat ini dan memprediksi perkembangannya di masa depan terhadap kehidupan satwa liar dan ekosistem. Saat ini suhu rata-rata global sekitar 14,3°C sedangkan satu abad yang lalu suhu bumi sekitar 13,7°C. Suhu yang tinggi pada daerah tropis menyebabkan adanya pola penggunaan dan sirkulasi air yang sangat dinamis. Di beberapa hutan hujan tropis, air akan cepat menguap bahkan sebelum mencapai permukaan tanah. Namun di suatu waktu bumi juga mengalami penurunan suhu secara drastis. Hal ini akan memengaruhi kelembapan yang berpengaruh secara signifikan bagi ekosistem alam.

Sumber: Arctic WWF

Akibat dari keadaan alam yang tak menentu, satwa-satwa yang ada di bumi juga harus melakukan adaptasi. Poin yang menjadi permasalahan adalah bahwa saat ini perubahan yang terjadi terhadap bumi kita berlangsung sangat cepat, sehingga satwa-satwa di sekitar kita harus melakukan adaptasi yang cepat pula. Bagi satwa sendiri, dalam beradaptasi dapat dengan berganti habitat, atau bergantung dengan perubahan genetika. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Dr. Viktoriia Radchuk, dari Leibniz Institute for Zoo and Wildlife Research bahwa selama beberapa dekade terakhir satwa-satwa yang ada di bumi ini tidak cukup cepat untuk mengimbangi perubahan iklim, para satwa mengalami perubahan kondisi tubuh dan perilaku. Sehingga waktu reproduksi dan migrasi satwapun ikut berubah. Satwa yang biasanya berkembang biak lebih awal saat iklim menghangat, belakangan ini karena pergantian musim terjadi lebih cepat membuat satwa kesulitan beradaptasi. Hal ini jika dibiarkan terus-menurus akan berdampak pada menurunnya jumlah spesies hingga kepunahan suatu spesies.

 

Referensi:

https://nationalgeographic.grid.id/read/131796972/ilmuwan-hewan-di-bumi-sulit-beradaptasi-dengan-perubahan-iklim (Diakses: 6 Agustus 2019, pukul 8.33 WIB)

https://www.worldwildlife.org/magazine/issues/fall-2015/articles/animals-affected-by-climate-change (Diakses: 6 Agustus 2019, pukul 8.43 WIB)

http://www.archive.org/details/impactsofclimate01gree (Diakses: 7 Agustus 2019, pukul 6.46 WIB)

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Bagaimana Dampak Perubahan Iklim terhadap Satwa di Sekitar Kita?”