Jane Goodall: Menjadi seorang primatologis, aktivis, pembawa perdamaian, dan perempuan

Pada Juni 1960, Jane Goodall pergi ke Tanzania untuk mengeksplorasi dunia simpanse di alam liar Gombe. Primatologis kelahiran tahun 1934 ini selama perjalanan karirnya lebih dari 50 tahun telah membawa banyak pengetahuan tentang dunia simpanse dan mengemukakan arti lain dari hubungan antara manusia dan satwa. Saat ini Jane Goodall berkeliling dunia untuk mengkampanyekan tentang ancaman yang dihadapi simpanse dan krisis lingkungan. Selain aksinya dalam mengingatkan dunia akan pentingnya menjaga simpanse dari kepunahan, konservasionis asal Inggris ini juga memberikan definisi baru tentang konservasi yang juga melihat kebutuhan masyarakat sekitar dan lingkungan.

Saat Jane Goodall pertama kali memasuki hutan di Gombe, Tanzania, ilmu mengenai simpanse masih sangat minim dan bahkan hanya ada sedikit infomasi tentang genetik unik simpanse yang mirip dengan manusia. Jane Goodall dikenal dengan keberhasilannya dalam mengobservasi simpanse dalam jarak yang sangat dekat. Keberhasilan tersebut tentu bukan tanpa usaha. Usaha pertama Jane Goodall dalam mengobservasi simpanse dalam jarak dekat hanya bisa dilakukan dalam jarak 460 meter sebelum simpanse yang diamati kabur. Pada akhirnya, pendiri The Jane Goodall Institute ini menemukan kelompok simpanse yang dapat diikuti dan menciptakan pola observasi yang tidak mengganggu. Jane hadir setiap pagi pada waktu yang sama di area yang tinggi dekat dengan tempat kelompok simpanse makan di lembah Kakombe. Selama beriringnya waktu, simpanse-simpanse yang ada menoleransi keberadaan Jane dan dalam setahun simpanse-simpanse yang ada di kawasan tersebut memperbolehkan Jane untuk berada di dekat mereka sampai para simpanse tidak lagi menunjukkan rasa takut dan sering menghampiri Jane untuk meminta pisang.

Menjadi seorang perempuan muda pada zamannya, bukan hal yang lumrah untuk bermimpi mengelilingi liarnya Afrika dan berada bersama satwa liar. Tetapi Jane Goodall terus berusaha sampai bisa menembus ketidakmungkinan dan skeptisnya pikiran masyarakat waktu itu. Berkat keyakinan dan dukungan orang terdekatnya, Jane Goodall dapat menjalani hidup seperti yang Ia impikan dan membuat perubahan nyata untuk dunia.

gallery_06_jg3

Jane Goodall dengan hanya berbekal buku log dan binokuler mengamati simpanse di Gombe

gallery_04_goodall

Interaksi akrab Jane Goodall dengan anak simpanse di Gombe

Sumber:

https://www.biography.com/people/jane-goodall-9542363

http://www.janegoodall.org/our-story/about-jane/

http://time.com/5192249/jane-goodall-sexism-gender-equality-documentary/

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.